Izin Pembuatan PT (Perseroan Terbatas)

Izin Pembuatan PT (Perseroan Terbatas)

July 30, 2020 0 By Jasperindo

Dalam melangsungkan suatu bisnis, para pengusaha membutuhkan suatu wadah untuk dapat bertindak melakukan perbuatan hukum dan bertansaksi. Pemilihan jenis badan usaha ataupun badan hukum yang akan dijadikan sebagai sarana usaha tergantung pada keperluan para pendirinya. Sarana usaha yang paling populer digunakan adalah Perseroan terbatas (PT), karena memiliki sifat, ciri khas dan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bentuk badan usaha lainnya.

 

Akta pendirian usaha ini memiliki beberapa tujuan yang diantaranya adalah untuk memberikan kejelasan atas status kepemilikan suatu perusahaan yang ada guna menghindari hal – hal yang mungkin tidak diinginkan, layaknya terjadi suatu perselisihan saat penjualan sejumlah saham. Tujuannya yang lain adalah demi menghindari perselisihan yang menyangkut pembagian keuntungan serta proporsi keuangan dan yang lainnya. Akta jenis ini berupa sebuah dokumen yang nantinya akan diberikan legalitas oleh notaris yang berada pada wilayah perusahaan tersebut.

 

Dasar Hukum pembentukan PT, masing-masing sebagai berikut:

  1. PT Tertutup (PT Biasa) : berdasarkan UU No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas
  2. PT. Terbuka (PT go public): berdasarkan UU No. 40/2007 dan UU No. 8/1995 tentang Pasar Modal
  3. PT. PMDN : berdasarkan UU No. 6/1968 juncto UU No. 12/1970
  4. PT. PMA : berdasarkan UU No. 1/1967 juncto UU No. 11/1970 tentang PMA
  5. PT. PERSERO berdasarkan UU No. 9/1968 tentang Bentuk-Bentuk Usaha Negara juncto PP No. 12/1998 tentang Perusahaan Perseroan